Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pada umumnya seleksi tahap akhir yang akan dihadapi oleh job applicant sebelum diterima bekerja pada perusahaan adalah wawancara atau lebih dikenal dengan istilah “INTERVIEW”. Interview sangat menentukan apakah kita layak atau tidak untuk menjadi seorang pekerja. Disini dinilai karakter, sifat, sikap, kepribadian, atau sebagainya meskipun telah di tes secara tertulis dalam bentuk psikotest atau lainnya. Untuk menghadapi wawancara itu, berikut ini trik yang dapat saya bagi kepada rekan-rekan pencari kerja:
1) Berpakaianlah dengan rapi (jangang over)
2) Pakailah asesoris sewajarnya
3) Ucapkan salam ketika masuk ke ruangan
4) Perkenalkan diri Anda
5) Jangan duduk sebelum dipersilakan
6) Ambillah posisi duduk dengan tegap, pandangan ke depan, namun jangan kaku
7) Letakkanlah kedua tangan Anda di paha Anda, atur nafas (Mengurangi rasa gerogi saat menjawab pertanyaan)
8) Jawab pertanyaan dengan sedikit uraian apabila diperlukan, namun tetap jangan terlalu berlebihan.
9) Setelah selesai, berikan salam sebelum meninggalkan ruangan.
CATATAN (PADA SAAT WAWANCARA):
A) Bersedialah untuk digaji berapa saja. Bila disuruh memilih, pilihlah gaji menengah saja
B) Bersedialah untuk ditempatkan dimana saja
C) Jangan pernah menjelekkan tempat Anda bekerja sebelumnya, baik manajemen maupun personalnya
Demikian sharing dari saya. Semoga sukses
1) Berpakaianlah dengan rapi (jangang over)
2) Pakailah asesoris sewajarnya
3) Ucapkan salam ketika masuk ke ruangan
4) Perkenalkan diri Anda
5) Jangan duduk sebelum dipersilakan
6) Ambillah posisi duduk dengan tegap, pandangan ke depan, namun jangan kaku
7) Letakkanlah kedua tangan Anda di paha Anda, atur nafas (Mengurangi rasa gerogi saat menjawab pertanyaan)
8) Jawab pertanyaan dengan sedikit uraian apabila diperlukan, namun tetap jangan terlalu berlebihan.
9) Setelah selesai, berikan salam sebelum meninggalkan ruangan.
CATATAN (PADA SAAT WAWANCARA):
A) Bersedialah untuk digaji berapa saja. Bila disuruh memilih, pilihlah gaji menengah saja
B) Bersedialah untuk ditempatkan dimana saja
C) Jangan pernah menjelekkan tempat Anda bekerja sebelumnya, baik manajemen maupun personalnya
Demikian sharing dari saya. Semoga sukses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar