Minggu, 07 November 2010

Lionel Messi Pemain Terbaik Eropa

SESUAI dengan prediksi, masa keemasan Lionel Messi akhirnya tiba. Striker Argentina berusia 22 tahun itu dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2009, kemarin. Keberhasilannya mengantarkan Barcelona menjuarai Liga Spanyol, Piala Raja, dan Liga Champions merupakan bukti.

Penyerang mungil yang memiliki tinggi 169 cm dan berat 67 kg itu pun menjadi pemain Barcelona keenam yang meraih anugerah Ballon dOr-dari majalah French Foot ball-sejak pertama kali diperoleh Ronaldinho pada 2005.

"Jujur saja, saya tahu menjadi salah satu favorit karena Barcelona melewati masa yang manis musim lalu, tetapi saya tidak menyangka bisa unggul sejauh ini”.
Ia memberikan kontribusi 38 gol dalam 51 pertandingan Barca di seluruh kompetisi musim lalu.

Messi memperoleh poin tertinggi, 473, mengungguli pesaing utamanya yang kini menjadi andalan Madrid Cristiano Ronaldo. Pemain Portugal yang sebelumnya membela Manchester United itu hanya memperoleh 240 poin. Adapun tempat ketiga dan keempat ditempati rekan setimnya, Xavi (170 poin) dan Andres Iniesta (149). Mantan striker Barca yang kini memperkuat Inter Milan, Samuel Etoo, berada di lima besar.
Penghargaan Golden Ball-sebut-an lain Pemain Terbaik Eropa-itu merupakan yang keempat diraihnya musim ini. Sebelumnya, ia telah dianugerahi Pemain Terbaik Liga Spanyol dan Striker Terbaik Liga Spanyol dari Federasi Liga Spanyol (LFP) dan Trofeo Alfredo Di Stefano, bulan lalu. Ia juga diperkirakan bakal menyabet penghargaan Pemain Terbaik FIFA yang akan diselenggarakan awal tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar